Senin, 21 Agustus 2023

Gebyar 17-an RW-10 Ankid: "Baru Selesai Gelar Lima Kegiatan"





Hingga Minggu, 20 Agustus 2023, Gebyar HUT-RI Ke-78 di RW-10 Ankid telah selesai menggelar lima kegiatan sejak digelar mulai 12 Agustus'23, antara lain: Pertandingan Tenismeja, Pertandingan Catur, Perlombaan Permainan Anak, Bidang Keagamaan dan Lomba Karaoke. 

Dengan demikian tersisa dua kegiatan lagi yakni: Sepeda Sehat yang akan digelar tanggal 26 Agustus 2023 dan Acara Puncak tanggal 27 Agustus 2023 bersamaan dengan kegiatan Karnaval/Sepeda Santai, Bazar, Pembagian Piala Kejuaraan dan Hiburan.

1. Pertandingan Tenismeja

Ketua RW-10 Antapani Kidul, Drs. H. Dede Amar, M.MPd, dalam kapasitas sebagai Pembina Kegiatan HUT RI Ke-78 di RW-10, menyampaikan pesannya saat pertama kali menyampaikan sambutan Pembukaan Pertandingan Tenismeja (12/8), bahwa serangkaian kegiatan yang akan digelar hingga tanggal 27 Agustus itu lebih dititikberatkan dalam upaya menjalin kebersamaan dan silaturahmi sesama antar warga RW-10. 

"Dalam pertandingan tenismeja ini, misalnya, berkompetisilah secara sehat dan membahagiakan. Apalagi saat ini kita melibatkan peserta wanita ibu-ibu yang ternyata sangat antusias sekali mengikutinya. Kita tak hanya bertanding tapi juga untuk bersanding. Jadi bukan untuk mencetak atlit kawakan yang bisa berkompetisi di luar sana, namun cukuplah sekedar memupuk kegiatan olahraga yang menyehatkan badan dan mudah-mudahan pembinaanya ke depan bisa berlanjut," harapnya.

Ketua Panitia HUT-RI, Dwi Responadi, membuka secara resmi pertandingan tenismeja dengan harapan melalui pertandingan ini dapat diikuti oleh seluruh tim dari RT-nya masing-masing sehingga pertandingan dapat berjalan dengan baik dan semeriah mungkin. "Selamat bertanding ya, semoga dapat mencapai prestasi terbaik di tingkat RT," tandasnya.

Pertandingan Tenismeja yang dikoordinasi Yopie dan Nana selama dua hari itu (tgl 12 s/d 13 Agustus) menghasilkan para Juara sbb:

Juara I : RT-05 (Tim: Nana Suryana, Mukhlis, Devie, Nur Intan)
Juara  II : RT-02 (Tim: Anas, Gerry, Ibu Kaslan)
Juara III : RT-01. (Tim: Yopie, Bubun, Dwi, Bu Jaja).











2. Pertandingan Catur

Pertandingan Catur yang berlangsung selama 3 (tiga)  malam mulai tanggal 12 s/d 14 Agustus berlangsung sangat alot, bahkan harus bertarung sampai pukul 00.30 wib.

Pertandingan diikuti oleh 16 peserta dari seluruh RT dengan menggunakan sistem gugur.
Karena alotnya pertarungan, babak semi final harus dilakukan pada malam berikutnya. Demikian halnya untuk babak final yang harus mengambil waktu malam ketiga.

Adapun hasil juaranya sebagai berikut:

Juara I    : Muryon0 (RT-05)
Juara  II  : Buyung (RT-04)
Juara III : Deden (RT-06).






3. Lomba Permainan Anak

Perlombaan permainan anak ini diselenggarakan pas pada Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2023 mengambil tempat di Pelataran Gedung Serba Guna (GSG) dan Lapangan JMM (Jayapura, Merauke, Manokwari). 

Perlombaan mencakup beberapa permainan antara lain: Lomba Makan Kerupuk, Masukin Pensil Kedalam Botol, Lomba Pecahin Balon, Lomba Gantungin Keranjang, Lomba Balap Kelereng, dll. Masing-masing lomba permainan ada yang diperuntukan bagi Usia Balita, TK, SD, sampai tingkat SMP.

Perlombaan yang dipandu oleh Teh Rani dan Teh Ica ini telah sukses digelar dan sanggup mengantarkan berbagai perlombaan dengan penuh kemeriahan, keceriaan dan membahagiakan para peserta.

Perlombaan terbagi dalam dua sesi, yakni Sesi Pagi dimulai Pukul 08.00 s/d 11.30 wib untuk tingkat Balita, TK dan kls 2 SD yang diikuti sekitar 50 peserta. Sedangkan sesi kedua dimulai Pukul 15.30 s/d 17.30 wib untuk tingkat kelas 3 SD s/d SMP yang juga diikuti sekitar 50 peserta.

Seluruh peserta diberikan cenderamata dari Panitia, sedangkan juaranya akan diumumkan pada saat acara puncak tanggal 27 Agustus 2023.







4. Lomba Bidang Keagaamaan

Lomba Bidang Keagamaan mencakup dalam 3 (tiga) kategori lomba, yakni: Lomba Adzan Tingkat TK/SD, Lomba Adzan Tingkat Remaja, dan Lomba Hafalan Al-Quran Anak.
Menurut Koordinator Lomba Keagamaan, Ustadz Surman, bahwa untuk lomba adzan jumlah pesertanya mencapai 18 orang, terdiri 10 peserta Adzan Anak dan 8 Peserta Adzan Remaja (SMP dan SMA). 

Sedangkan peserta Hafalan/Bacaan Al-Qur'an berjumlah  9 peserta tingkat anak SD.
Untuk beradzan yang benar serta mengurangi tingkat kesalahan saat beradzan, kata kang Surman, para peserta terlebih dahulu telah mendapat penggemblengan dari para Pengurus DKM Al-Muhajirin. Demikian juga untuk lomba hafalan/bacaan Al-Qur'an telah terlebih dahulu dilakukan pembinaan oleh DKM termasuk mungkin oleh guru dan atau keluarganya.

Juri lomba keagamaan diambil dari unsur kepengurusan DKM yakni  Ketua DKM Al-Muhajirin, Ustadz Sigit Tjiptono dan Ustadz Rudi telah menghasilkan masing-masing tiga kejuaraan yang akan diumumkan pada saat acara Puncak HUT RI tanggal 27 Agustus 2023.

Acara yang dipandu oleh Ustadzah Mira ini telah berhasil mengkondikan suasana lomba yang penuh dengan kesungguhan dan kekhidmatan.

Ketua Panitia, Dwi Responadi, dalam sambutannya mengharapkan agar pelaksanaan lomba keagamaan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta menghasilkan para muadzin yang bermanfaat bagi masjid Al-Muhajirin. "Jangan takut kalah dalam berlomba," pesannya.

Sementara Ketua RW-10 yang diwakili Sekretaris RW-10, Yaya Sunarya, dalam pembukaan acaranya, menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah melaksanakan amanah melaksanakan lomba keagamaan ini. Semoga melalui kegiatan lomba keagaamaan ini menghasilkan anak-anak yang sholeh, khususnya dapat memberikan keberkahan dan kebanggaan bagi keluarganya.








5. Lomba Karaoke

Gebyar HUT RI Ke-78 di RW-10 Antapani Kidul juga dilengkapi dengan kegiatan Lomba Karaoke. Acara yang berlangsung di Gedung Serba Guna ini telah sanggup menggetarkan ruang GSG melalui suara-suara peserta lomba yang membahana. Para peserta tampil maksimal dengan olahan vokal yang sejatinya telah dipersiapkan sebelumnya.

Acara yang berhasil dipandu Bu Olis ini benar-benar telah sanggup menciptakan suasana yang hingar bingar, penuh kegembiraan sekaligus mendebarkan.

Menurut Koordinator Acara Holisoh (Bu Olis) jumlah peserta mencapai 27 orang. Jumlah ini merupakan kompilasi dari masing-masing RT dengan maksimal mengirimkan 5 peserta dari 6 RT yang ada. Setiap peserta hanya diwajibkan melantunkan satu buah lagu dan dibebaskan untuk memilih jenis lagu apapun. Munculah aneka ragam lagu seperti lagu pop, metal, cha cha, dangdut, slow-rock, hingga lagu Sunda.

Lomba Karaoke dinilai oleh tiga dewan juri yang dinilai cukup profesional, yakni: Suami istri (Teh Ina dan Kang dr. Subi), serta Bu Leini yang dihadirkan khusus dari RT-16. Ketiga juri tampaknya harus menilai dengan penuh konsen dan bekerja ekstra keras. Maklum, lantaran variatifnya jenis lagu dengan gaya penampilan yang berbeda-beda. Adapun penilaian mencakup tiga kategori, yakni: Vokal, penampilan dan ekspresi. 

Peserta pria dan wanita akan mendapatkan masing-masing enam peserta terbaik, yakni  Juara 1, 2, 3 dan Harapan: 1, 2, dan 3. Adapun pengumuman pemenang dan pembagian piala akan diserahkan pada Acara Puncak tanggal 27 Agustus 2023. Di acara puncak, seluruh peserta terbaik harus tampil kembali di Panggung Gembira dengan iringan organ tunggal.

Ketua RW-10, Drs. H. Dede Amar, M.MPd, dalam pembukaannya menunjukkan rasa kegembiraannya dan memberikan apresiasi luar biasa kepada seluruh peserta yang turut andil untuk berlomba. "Saya sangat bahagia sekali melihat para peserta lomba yang begitu antusias dan sepertinya benar-benar telah mempersiapkan diri untuk berkompetisi," sambutnya.

"Ini adalah awal yang baik untuk kita dalam berbagi kebahagiaan dan yang terpenting adalah nilai silaturahminya. Kita menjadi lebih mengenal satu sama lain melalui hobi yang sama. Hal baik ini tentunya harus terus dibina dan dilanjutkan. Misalnya setiap dua atau tiga bulan sekali mengadakan hiburan bersama sambil ngaliwet," ucap Dede Amar seraya berpesan agar jangan lupa untuk tahun depan dalam Pilkada untuk memilih dirinya sebagai Calon DPD-RI.

Dede Amar yang dikenal dengan panggilan Kang Damar ini pun sempat berseloroh bahwa para juara karaoke ini kelak akan ditampikan dalam siaran televisi Indosiar.

Lomba Karaoke yang dimulai Pukul 20.00 s/d 23.00 wib terasa lebih gegap gempita dengan kehadiran Operator DJ, Kang Gerry Ardimanggala, yang telah mengantarkan penampilan para peserta dengan apik dan tanpa kendala berarti.//nanas/kisunda-10//

Berikut sebagian suasana dan peserta lomba karaoke.






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gowes Jelang Shaum Ramadhan 1445-H

Sembilan goweser NKRI tampil sambut gembira datangnya Ramadhan 1445-H Minus Kang Muryono (fotografer) Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an s...